September 26, 2023

Bagi para penggemar Apple, transisi dari musim panas ke musim gugur ditandai dengan acara peluncuran iPhone tahunan dan penurunan suhu dan perubahan dedaunan. Tahun ini pun demikian, dan Apple telah mengumumkan keluarga iPhone 15, termasuk iPhone 15 Professional dan iPhone 15 Professional Max.

Meskipun ada kemajuan penting dalam jajaran iPhone 15 standar Apple, termasuk sensor ukforbes.com gambar baru di perangkat genggam iPhone 15 dan iPhone 15 Plus, peningkatan paling signifikan hadir secara eksklusif untuk ponsel pintar Professional.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

Perubahan utama adalah desain baru yang didukung oleh bingkai titanium sebagai pengganti baja tahan karat mengkilap yang telah digunakan Apple selama bertahun-tahun, bezel yang lebih tipis, peralihan ke USB-C yang telah lama ditunggu-tunggu, dan juga pada iPhone. 15 Professional Max, kamera telefoto terbaru yang meningkatkan kemampuan zoom optik ponsel cerdas.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

Bersamaan dengan perubahan signifikan ini, seri iPhone 15 Professional mendapatkan peningkatan kecepatan yang diharapkan – termasuk perpindahan ke prosesor 3 nanometer – dan tombol “aksi” baru yang dapat disesuaikan, bukan tombol mute biasa.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

Sebelum mendalami spesifikasi masing-masing mannequin, termasuk lensa zoom baru yang menarik dari iPhone 15 Professional Max, ada baiknya Anda merinci kesamaan yang dimiliki setiap mannequin Professional.

Perpindahan ke Titanium

Terkait produk Apple, bahan yang digunakan Apple sangat berarti bagi pelanggan. Salah satu daya tarik Apple adalah bentuk dan gaya produknya, bukan hanya fungsinya.

“Ini adalah materials paling premium yang pernah kami gunakan,” kata Apple. Ponsel Professional baru juga merupakan smartphone Professional paling ringan dari Apple yang pernah ada.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

Casing baja tahan karat mengkilap pada iPhone 14 Professional sudah tidak ada lagi, telah digantikan oleh paduan titanium yang sebagian besar terdiri dari titanium tetapi juga mencakup sejumlah kecil aluminium dan vanadium. Dikenal sebagai “Titanium Kelas 5”, bahan ini menjanjikan kekuatan, daya tahan, dan ketahanan terhadap korosi.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

Selain membantu membuat mannequin iPhone 15 Professional sedikit lebih ringan dibandingkan pendahulunya – sekitar 10 persen lebih ringan – sasis paduan titanium juga membuat ponsel iPhone 15 Professional menampilkan tampilan yang disikat, bukan bingkai reflektif dari seri iPhone 14 Professional.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

Apple tidak asing dengan titanium. Ia telah menggunakan logam tersebut selama bertahun-tahun, termasuk pada tahun 2001 ketika Apple merilis PowerBook G4 Titanium, dan berbagai mannequin Apple Watch, termasuk Apple Watch Extremely.

Peralihan ke titanium telah mengubah penawaran warna Apple untuk iPhone 15 Professional. Meskipun iPhone 14 Professional hadir dalam warna House Black, Silver, Gold, dan Deep Purple yang cemerlang, mannequin iPhone 15 Professional hadir dalam warna titanium hitam, titanium putih, titanium biru, dan lapisan titanium alami yang relatif kalem.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

Bezel Lebih Ramping

IPhone 15 Professional dan Professional Max juga memiliki tampilan yang lebih halus berkat bezel yang lebih ramping. Meskipun tidak ada yang menganggap bezel iPhone 14 Professional terlalu besar, layar iPhone 15 Professional diapit oleh pinggiran sekitar sepertiga lebih ramping, membuat layar tampak sedikit lebih besar.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

Ukuran layarnya sama seperti sebelumnya — 6,1 inci untuk iPhone 15 Professional dan 6,7 inci untuk iPhone 15 Professional Max, dan Tremendous Retina XDR menghadirkan teknologi selalu aktif dan ProMotion, seperti yang disertakan Apple pada perangkat iPhone 14 Professional tahun lalu.

Selamat tinggal, Tombol Dering/Bisu. Halo, Tombol Aksi.

Tombol dering/bisu yang menghiasi sisi mannequin iPhone sejak iPhone pertama pada tahun 2007 sudah tidak ada lagi, setidaknya tidak pada mannequin iPhone 15 Professional. Sebagai pengganti tombol tersebut terdapat “tombol aksi” baru yang dapat disesuaikan yang memungkinkan pengguna mengakses dengan cepat ke berbagai fungsi, termasuk mematikan suara ponsel, mengaktifkan mode Fokus, menyalakan senter, meluncurkan aplikasi kamera, menggunakan Siri, dan banyak lagi.

USB-C Akhirnya Tiba di iPhone

Tombol dering/bisu bukan satu-satunya bagian lama iPhone yang dihilangkan Apple. Terutama karena peraturan Uni Eropa , Apple telah mengucapkan selamat tinggal pada port Lightning-nya.

Port Lightning telah ditampilkan pada mannequin iPhone sejak tahun 2012 dengan peluncuran iPhone 5. Konektor delapan pin menggantikan konektor dock 30-pin asli pada perangkat iPhone — dan iPod — sebelumnya.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

Meskipun Apple meningkatkan konektor Lightning untuk mendukung teknologi USB yang lebih cepat, Apple mulai beralih dari konektor Lightning di beberapa perangkatnya pada tahun 2018, termasuk mannequin iPad Professional dengan port USB-C. Apple sejak itu meluncurkan pill iPad dan iPad Air reguler dengan USB-C, ditambah Siri Distant untuk Apple TV 4K.

Dengan diluncurkannya keluarga iPhone 15, semua mannequin iPhone baru kini dilengkapi port USB-C, bukan Lightning. Hal ini tidak terlalu mengejutkan, karena Apple mengatakan ketika peraturan UE disetujui tahun lalu bahwa mereka akan mematuhi undang-undang baru UE sebagai perusahaan. Namun, masih ada keraguan apakah Apple akan melakukan transisi tahun ini atau tahun depan dengan jajaran ponsel pintarnya.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

IPhone 15 Professional dan Professional Max mendukung kecepatan switch hingga 10Gbps, memenuhi standar USB 3 melalui port USB-C. Berkat port USB-C dengan kecepatan USB 3, fotografer dapat memotret dengan tertambat ke Seize One saat menggunakan iPhone 15 Professional. Perangkat juga dapat merekam video ProRes langsung ke drive eksternal.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

Prosesor A17 Professional

Sementara chip A16 pada iPhone 14 Professional kini telah diturunkan dari jajaran iPhone Apple ke iPhone 15/15 Plus, iPhone 15 Professional/Professional Max mendapatkan chip A17 baru yang lebih cepat. Chip Apple pertama yang dibuat berdasarkan proses produksi 3 nanometer barunya, chip A17 lebih cepat dari sebelumnya dan dilengkapi memori tambahan.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

Apple mengatakan silikon A17 Professional barunya 10% lebih cepat secara keseluruhan dan mesin sarafnya dua kali lebih kuat. GPU-nya 20% lebih cepat dan menyertakan desain enam inti baru untuk meningkatkan kinerja puncak.

iPhone 15 Professional dan Professional Max dapat mencapai ray-tracing dalam online game dengan kecepatan bingkai hingga 30 bingkai per detik, yang merupakan angka yang mengejutkan untuk perangkat seluler. Apple mengatakan bahwa ray tracing berbasis perangkat keras empat kali lebih cepat dibandingkan ray tracing berbasis perangkat lunak.

Apple jelas mendorong sport seluler dengan lebih menekankan daripada sebelumnya.

Kamera yang Ditingkatkan Menjanjikan Peningkatan Pencitraan yang Besar

Sistem kamera Professional adalah alasan utama mengapa pengguna memilih mannequin iPhone Professional, dan ponsel andalan telah lama menjadi pionir dalam bidang fotografi seluler. Meskipun iPhone 14 Pro memberikan kualitas gambar yang luar biasa , iPhone 15 Professional, khususnya iPhone 15 Professional Max, menjanjikan pengalaman fotografi ponsel cerdas terbaik yang pernah ada.

IPhone 15 Professional dilengkapi lapisan berskala nano untuk mengurangi silau lensa, menjanjikan performa resolusi tinggi, memungkinkan panjang fokus lebih banyak, dan menawarkan performa cahaya rendah yang lebih baik.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

Apple mengklaim performa dalam kondisi cahaya redup dua kali lebih baik. Foto 48 megapiksel dapat direkam dalam ProRAW Apple dan opsi file .HEIF baru. Mannequin iPhone 15 Professional juga memanfaatkan fotografi komputasi untuk menangkap apa yang disebut Apple sebagai gambar “resolusi tremendous tinggi” saat menggunakan kamera utama. File 24 megapiksel ini menjanjikan “kualitas gambar luar biasa dengan ukuran file praktis yang superb untuk disimpan dan dibagikan.”

iPhone 15 Professional memotret dalam opsi panjang fokus 24mm, 28mm, dan 35mm berkat sensor gambar resolusi tinggi. Pengguna bahkan dapat menetapkan salah satu opsi baru sebagai lensa default ponsel mereka.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks
iPhone 15 Professional Max menambahkan opsi 120mm, tetapi kedua smartphone menawarkan sisa panjang fokus yang terlihat di sini

Potret generasi berikutnya dimungkinkan dengan kontrol fokus dan kedalaman. Ponsel iPhone 15 Professional menggunakan LiDAR untuk mencapai fokus yang lebih akurat dalam situasi cahaya redup.

Berkat kemajuan perangkat keras dan perangkat lunak, Apple mengatakan bahwa Sensible HDR lebih baik dari sebelumnya.

iPhone 15 Professional Max Mendapat Zoom Optik 5x

IPhone 15 Professional Max menampilkan desain “tetraprisma” pada kamera telefotonya, bukan zoom periskop, dan menggunakan lensa telefoto setara 120mm, zoom optik terpanjang yang pernah ada di iPhone. Sensor 12 megapiksel pada kamera telefoto ini 25% lebih besar dibandingkan kamera telefoto mannequin sebelumnya.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks
iPhone 15 Professional Max memiliki lensa setara 120mm

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

Lensa setara 120mm juga mencakup stabilisasi gambar tiga sumbu, yang pertama untuk ponsel cerdas mana pun, dan Apple mengklaim bahwa ini adalah sistem stabilisasi tercanggihnya. Stabilisasi melakukan hingga 10.000 penyesuaian mikro per detik.

Telefoto iPhone 15 Professional

Pada iPhone 15 Professional, opsi telefoto mencakup opsi 12 megapiksel 48mm, didukung oleh desain kamera utama quad-piksel, dan opsi zoom 12 megapiksel 3x terpisah. Lensa zoom fisik ini setara dengan lensa 77mm.

Sangat Lebar

Kedua mannequin iPhone 15 Professional dilengkapi kamera Extremely Extensive 13mm yang sama, yang menurut Apple ditingkatkan berkat kinerja cahaya rendah yang lebih baik dan opsi makro baru. Kamera menawarkan bidang pandang 120 derajat dan menggunakan sensor gambar 12 megapiksel.

Video

IPhone 15 Professional merekam video ProRes 4K/60p, naik dari 4K/30p pada iPhone 14 Professional, dan bahkan dapat merekam video spasial — cocok untuk headset Apple Imaginative and prescient Professional yang akan datang.

Dengan menggunakan kamera extremely lebar dan kamera utama, orang dapat merekam video stereo.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

iPhone 15 Professional adalah ponsel cerdas pertama di dunia yang mendukung ACES, standar international untuk alur kerja warna.

The iPhone 15 Professional digicam system “pushes the boundaries” of what customers can seize on a smartphone in some ways, video included.

As earlier than, the iPhone 15 Professional information HDR video with Dolby Imaginative and prescient and ProRes video. Nevertheless, technological advances allow these recording choices at 4K/60p now.

 

 

“That is probably the most professional lineup now we have ever created, with a state-of-the-art titanium design, the very best iPhone digicam system but that allows game-changing new workflows, and the A17 Professional chip, which ushers in a brand new chapter of efficiency and video games by no means earlier than seen on iPhone,” says Greg Joswiak, Apple’s senior vp of Worldwide Advertising. “iPhone 15 Professional and iPhone 15 Professional Max symbolize the very best of Apple design and industry-first improvements to assist enrich the on a regular basis experiences of our customers, whereas enabling them to unleash their creativity.”

Contoh Gambar iPhone 15 Professional

Berikut contoh foto resmi yang diambil dengan iPhone 15 Professional:

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks
“Kamera Telefoto 5x yang canggih memiliki sensor 25 persen lebih besar, Piksel Fokus 100 persen, dan aperture ƒ/2.8, yang terbesar dibandingkan ponsel cerdas mana pun pada rentang optik ini,” jelas jasapbn.my.id Apple.

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Maks

Harga dan Ketersediaan

iPhone 15 Professional mulai dari $999, sedangkan iPhone 15 Professional Max mulai dari $1.199. Kedua mannequin tersebut akan tersedia untuk pre-order mulai Jumat ini, 15 September, dan tersedia mulai 22 September. Kedua ukuran tersebut tersedia dalam kapasitas 256GB, 512GB, dan 1TB.